PMR SE-SOLO RAYA

Jumat, 22 Maret 2013

Cara Mengatasi Bencana Banjir

Apabila terjadi kejadian bencana, maka rasa panik, bingung dan ketakutan akan segera menyerang. Tak jarang jatuhnya korban jiwa lebih karena disebabkan ketakutan dan kepanikan yang terjadi bukan karena akibat langsung dari terjadinya bencana. Berikut hal-hal yang dapat dijadikan pedoman untuk menghadapi terjadinya bencana supaya dapat menghindari adanya korban jiwa. 

Bencana Banjir Bandang

            Banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba-tiba yang disebabkan oleh karena tersumbatnya sungai maupun karena pengundulan hutan disepanjang sungai sehingga                         merusak rumah-rumah penduduk maupun menimbulkan korban jiwa.
Yang Harus Dilakukan Saat Banjir.
            1. Matikan aliran listrik di dalam rumah atau hubungi PLN untuk mematikan aliran listrik              di wilayah yang terkena bencana.
            2. Mengungsi ke daerah aman sedini mungkin saat genangan air masih memungkinkan                        untuk diseberangi.
            3. Hindari berjalan di dekat saluran air untuk menghindari terseret arus banjir. Segera              mengamankan barang-barang berharga ketempat yang lebih tinggi.
            4. Jika air terus meninggi hubungi instansi yang terkait dengan penanggulangan bencana                     seperti Kantor Kepala Desa, Lurah ataupun Camat.
                Yang Harus Dilakukan Setelah Banjir
            5. Secepatnya membersihkan rumah, dimana lantai pada umumnya tertutup lumpur dan                     gunakan antiseptik untuk membunuh kuman penyakit.
\           6. Cari dan siapkan air bersih untuk menghindari terjangkitnya penyakit diare yang sering                 berjangkit setelah kejadian banjir.
            7. Waspada terhadap kemungkinan binatang berbisa seperti ular dan lipan atau binatang                    penyebar penyakit seperti tikus, kecoa, lalat, dan nyamuk.
            8. Usahakan selalu waspada apabila kemungkinan terjadi banjir susulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar